Jumat, 25 Januari 2013

Perokok maut


Liburan akhir tahun kemaren lumayan indah buat gue, walaupun banyak nguras dompet. Seperti biasa, gue pergi ke Jakarta kalo hari libur kayak gini. Jadi, gue berharap keberangkatan gue ke Jakarta itu nyaman dan aman. Nah, simak baik-baik cerita ini….

  Diawali dengan terror sms dari nomor enggak dikenal yang tullisannya “Jd ke Jkarta gk?”. Gue bingung ini siapa, dan sms itu menghantui hp gue seharian penuh. Sms lagi.. “Jd ikut gk pik?”… terus dia sms lagi “Kut ke jkarta gk?”… masih sms lagi “Klo ikut, abis solat jumat brangkt..”. Disitu gue sempet mikir sebentar, ini siapa, terus tiba-tiba ngajak ke Jakarta, siang-siang lagi….. ini PEMBUNUHAN berkedok sms hantu. Gue langsung ngambil keputusan, gue harus pergi ke orang yang tau semua nomor…. Iya, betul,,, nyokap gue.
  “Kap. Eh.. mak… tau ini nomor siapa?”
  “Coba mama cek…… oh, ini nomor Mas Wahyu..!”

  Oh, ternyata itu nomor Mas Wahyu. Dia udah lama ngajak gue buat pergi ke Jakarta. Oke, gue setuju untuk ikut. O iya, kalian pasti nanya, kenapa enggak gue bales aja sms dari dia…. Tepat sekali, lagi irit.

  Dan besoknya, gue mutusin buat ikut ke Jakarta. Dengan semangat, gue berharap gak akan ada kejadian sial yang akan menimpa gue. Yap, gue dan sodara-sodara langsung mutusin buat naik bis jurusan Kamp. Rambutan. Dan astaga, ini terjadi lagi. Gue duduk di Smoking room. Tepat sebelah kiri gue adalah perokok aktif. Sepatu kulit, jaket kulit, celana jeans…. Dan smarth phone, ah… dia penjahat kelas kakap. Selain berbahaya, orang ini enggak berhenti ngerokok. Saat rokoknya habis, dia tiba-tiba muncratin air dari dalem mulut, terus pura ngunyah-ngunyah sesuatu, padahal yang dikunyah angina. Ini tanda, dia pasti ngambil sebatang rokok lagi. Ya ampuun, gimana cara menghindar dari asep-asep ini? Gue langsung mikir… nah, dapet!

  Gue pura-pura bersin aja ke segala arah, dan ini berhasil.. dia udah mulai agak keganggu. Dia ngebuang rokonya yang udah kecil, terus nutupin hidungnya deh… Yeah, rencana gue berhasil, gue langsung narik nafas sepanjang-panjangnya. Dan untuk beberapa menit kemudian, dia mulai ngunyah angin lagi.Dia ngerokok lagi.. Gue nyerah, gue ambil handuk kecil dari tas, untuk nutup hidung. Dan gue pasrah sampai situ.

  Kesialan gak sampe situ aja. Waktu bis baru sampe Kebon Jeruk, tiba-tiba hujan deres turun. Dan parahnya, bis yang gue naikin enggak punya atap yang indah. Atapnya bolong, di ruangan merokok udah lumayan becek. Puntung-puntung rokok berenang kesana-kemari. Ini udah gak bener, gue pusing, mau mati, celana gue basah setengah…. Gue pasrah juga, gue langsung tidur aja.

  Dan Alhamdulillah, abis gue bangun, gerbang tol Taman Mini keliatan. Masih dengan perokok akut, dia masih enggak berhenti ngerokok, terus makin banyak juga puntung rokok yang berenang. Astaga, gue Cuma bisa megap-megap di dunia asep. Gue harus nunggu sampe dia turun…yaa, sampe dia turun….

  Gue mulai merem lagi, sambil berharap agar perokok maut itu turun dari bis ini. Dan yap, betul… dia enggak turun-turun. Gue lupa, ternyata dia juga mau turun di Rambutan. Yah… gue harus mensyukuri ini. Gue mulai tenang, waktu terminal Rambutan udah keliatan. Gue mulai siap-siap dan ngebangunin sodara-sodara gue yang masih tidur. Waktu gue ngebangunin sodara-sodara gue, dan saat itulah pria dari pohon pintu smoking room muncul. Gue berharap lagi, ya… emang, gue manusia yang penuh pengharapan…. Gue berharap, dia bukan rekan kerja si perokok itu tadi. Gue takut dia lebih bandel dalam bidang ngerokok. Dan ternyata, lebih parah. Kanyaknya dia mabuk. Bukan, ini bukan mabuk perjalanan ataupun mabuk janda. Ini mabuk air…… Dari penampilannya yang make jaket panjang bergelambir, dan celana ketat permanent di kaki, dia seorang model.

  Kemabukannya makin keliatan waktu dia terombang-ambing di dalam bis. Nabrak-nabrak kaca bis, nabrak-nabrak penonton, ngelap keringet…. Gue yakin, semua orang yang ada didalem bi situ resah, kecuali si perokok.

  Saat bis udah sampe di terminal, gue langsung gandeng sodara-sodara gue untuk turun dari bis dan bersama-sama narik napas panjang…..
  “Aaaaahhhh….. bau terminal… bikin semangat…”
Dan gue bangga, bisa lepas dari mereka berdua. PEROKOK MAUT DAN PEMABUK AIR….. Mampus lo… orang-orang yang nantinya bakal se-bis bareng mereka……

3 komentar: